Mengecewakan! Susahnya bikin KTP di Pabuaran Bojonggede Bogor

ektp-rumahpengaduan-comSeperti yang dilansir oleh Poskotanews.com pada Senin, 16 Maret 2015, ada sekitar 600.000 warga Kabupaten Bogor hingga kini belum memiliki KTP elektronik (e-KTP). Mereka mempertanyakan lamanya pencetakan e-KTP, padahal sudah melakukan perekaman data sejak 2013 lalu. Dampaknya mereka kesulitan mengurus pendaftaran Badan Penyelengaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Sejumlah warga mempertanyakan kebijakan pemerintah yang kerap bikin bingung. Di satu sisi mereka diminta menjadi peserta BPJS Kesehatan  dengan syaratnya wajib menyertakan KTP baru. Di sisi lain pembuatan e-KTP hingga kini tak  kunjung selesai. “Kebijakan pemerintah itu  bikin pusing!” ucap Darman, warga Desa Pabuaran Kecamatan Bojong Gede, Senin.

Menurutnya, sudah dua tahun lebih sejak Juni 2013 lalu mereka melakukan perekaman data di kantor kecamatan, tapi sampai sekarang tak ada kejelasan. “Sekarang kita bingung, apalagi saat mau mengurus BPJS, sebab diminta KTP baru,” keluhnya.

Keluhan serupa dilontarkan Kaur Pemerintahan Desa Pabuaran, Ramdani yang mengakui di desanya ditarget untuk pembuatan  e-KTP sebanyak 26.762 orang. “Dari jumlah warga yang melakukan perekaman,  hanya 9.500 yang sudah selesai  e-KTP, sedangkan sisanya 17.262 orang hingga kini belum juga selesai,” ungkapnya.

Tidak adanya kejelasan ini, membuat warga  kesal dan bingung. “Apalagi untuk mengurus BPJS  Kesehatan dan urusan administrasi lainnya, mereka kesulitan karena memerlukan KTP baru,” katanya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor, Ojte Subagja mengatakan, sejak pencetakan e-KTP dari pusat dilimpahkan ke Kabupaten Bogor pada Januari 2014 lalu,  baru  membuat sekitar 1.300 e-KTP. “Sampai pertengahan Maret lalu warga yang sudah melakukan perekaman data e-KTP sekitar 600 ribu orang, tapi e-KTP belum juga selesai,” katanya.

Pihaknya  mengakui, keteteran untuk mencetak sekitar 600 ribu e-KTP lantaran hanya enam pegawai yang memproses kartu identitas tersebut. Jika saat salah seorang pegawai sakit, maka pihaknya mengganti dengan pegawai lain untuk melayani pencetakan identitas diri tersebut.

Sedangkan  mesin pencetak hanya ada tiga unit, tapi yan berfungsi hanya dua unit. “Parahnya lagi dua mesin itu sering gagal mencetak, mulai dari printer ngadat hingga e-KTP terbakar, sebab itu kita minta kesabaran warga,” ujarnya.

Hal yang serupa juga banyak dialami oleh beberapa warga yang mengalami kesulitan dan butuh kejelasan mengenai waktu yang lama dalam proses pembuatan KTP yang dilayangkan melalui SMS Pengaduan ke alamat pengaduan.bogorkab.go.id :

+626287888207xxx | Indri Mailani ( Kp. Perigi )
Pak, Saya mau tanya sebelum nya saya telah melakukan foto e-ktp di jakarta, setelah menikah saya pindah ke bojonggede, saat saya mau melahirkan ternyata saya harus cesar dan saya disarankan oleh bidan untuk membuat ktp setempat, akhirnya saya datang ke pak RT nya dan minta tolong di urusin ktp setempat, namun yang dibuatkan ktp manual. sekarang saya mau buat e-ktp yang dibojonggede dan saya baru tau kalau ternyata NIK nya itu berbeda dengan NIK awal saya yang dijakarta, pertanyaan saya apakah saat saya membuat e-ktp yang baru dibojonggede otomatis data e-ktp saya yang dijakarta akan terhapus otomatis atau ada syarat2 yang harus saya lakukan untuk pencabutan e-ktp yang dijakarta.? Mohon solusi nya, Terimakasih

+628122927xxx | Caturkp ( Rawakalong.gunungsindur )
KTP El pindahan sy belum jadi sudah 1 bulan dg NIK 3318082105810001.mohon sgr dtindaklanjuti.tks

+626281288889xxx | Candra ( Jakarta )
Perkembangan kab Bogor begitu pesat dengan di bangunnya banyak perumahan di area Cilengsi. Karena dengan pengembangan area dan banyaknya penduduk dibuatlah pembentukan RT dan RW baru yang akan menimbulkan pungli2 liar yang akan merusak citra dari Kab Bogor sebagai kota Beriman. Harapan saya untuk pembuatan KTP dapat disosialisasikan ke tiap RT,RW,Kelurahan untuk mengganti KTP lama dengan alamat tinggal sekarang. Yang terpenting dengan biaya yang kira2 tidak mahal sebagai upah ongkos jalan. Saya sangat mengerti sekali, untuk setiap melakukan kegiatan perlu biaya bensin ataupun tenaga, hanya jangan dipatok secara semena-mena berkisar 200rb – 300rb. kiranya pesan saya dapat disosialisasikan atau dibuat aturan yg jelas atau pun tindakan yg tegas bila ada oknum2 yg mempersulit proses ttd ataupun pembuatan KTP baru tsb. Terima kasih.

+6285283474xxx | Linda ( nanggerang-tajurhalang kab.bogor )
berapa lama waktu untuk cetak e-ktp? Cetaknya di disduk atau kecamatan? Masa kecamatan bilangnya 2 bulan baru selesai???

+626281315851xxx | Sigit cahyono ( Jl Bumi Sentosa Raya B5/1 RT02 RW09 Kel Nanggewer Mekar )
No NIK saya 3201011209780011 telah digunakan orang lain untuk pendaftaran BPJS sehingga saya tidak bisa melakukan Pendaftaran. Mohon Validasi kembali karena no tersebut yang tertera dalam e-KTP saya. – Sigit Cahyono-

+6281294403xxx | Taufan ( cicangkal )
assalamualaikum… Kpd Yth bpk/ibu pejabat kab bogor … Saya mohon bantuannya dlm membuat kk sampai saat ini blm selesai padahal sudah 2 bln lbih saya mhon untuk dibantu agar sya dpt menjln aktivitas yg lain… Terima kash atas perhatiannya..

6 thoughts on “Mengecewakan! Susahnya bikin KTP di Pabuaran Bojonggede Bogor

  1. Kmrin tgl 17 feb 2016 sayà buat e- ktp di kecamatan sukaraja ,bogor, kata pihak kec jdinya skitar 3 bulan…terus dikasih surat ket pengganti KTP…..kmrin rncananya saya buka tabungan di salah satu bànk swasta di cibinong…tpi pihak bank tidak bisa menerima (HARUS KTP katanya )…..berarti saya hrus nunggu 3 blan (kalau lancar ?)..utk bisa buka rekening ?

    Like

  2. Jàngan kan bpk /ibu anak saya foto bln september 2015 kt nya 3 bln jd sampai skrg blm jadi katanya 7 bln. Kami sbr menunggu. Sy tunggu janji anda .@kecamatan bojonggede

    Like

  3. sama seperti saya, sudah mengurus perpindahan alamat di kec.gunung sindur, dan sudah 3bulan, KTP baru blm kunjung jadi.
    tapi rasanya percuma teriak2 disini, tidak ada pihak2 terkait yang peduli. banyak coment tp tak ada yg jawab.

    Like

  4. Mohon dishare dong kita harus mengadu kemana hal seperti ini.
    Karena Project E-KTP ini Project pemerintah. kenapa Orang Pemerintah tidak care kepada Masyarakatnya.

    Like

  5. Mohon di tindak lanjuti . Saya buat e ktp sejak november 2015 sudah 10 bulan sampai saat ini belum jadi juga.. saya dan istri bikin e ktp atas nama :
    Muhamad ajie
    Aan Nuraini
    Kecamatan bojong gede kab Bogor
    Muhamad ajie
    Nik 3201131201880006
    Aan nuraini
    Nik 3209044101870014

    Like

Silahkan Komentar Disini